Monday, October 10, 2011

Query Baru Penghitungan Google PageRank! [Menjawab Pertanyaan]


Selamat Pagi Sahabat DJ Site Semua,

Gimana nih acara liburan weekend anda kemaren? asik, biasa aja, apa cukup menyenangkan hhe... ya paling nggak, saya harap jawaban anda cukup menyenangkan lah klo emank gak asik-asik banget wkwkwk... Lha sampean dewe kang? karena seperti yang bisa anda liat dan saksikan sendiri, bahwa blog ini 2 hari kemaren gak update postingan apapun, So, bisa diasumsikan klo yang punya blog pasti lagi nikmatin weekend-nya, jadi udah tau donk jawabannya apa? hhe... Yupz, kemaren saya emank lagi nikmatin liburan Weekend, jadi ya tolong dimaklumin aja klo saya belum bisa nulis postingan baru, jawabin pertanyaan anda satu-satu, maupun bales kunjungan ke blog anda...

---

Nah, karena 2 minggu ini udah lumayan banyak pertanyaan dari anda yang belum sempet saya jawab, baik itu tentang Google AdSense, Update Google PageRank yang kemaren ini, Galat, Error dan lainnya, jadi pagi ini saya mau coba jawab salah satu pertanyaan itu. Dan pertanyaan yang mau saya jawab kali ini adalah pertanyaan tentang "Query baru penghitungan Google PageRank". Klo anda baca postingan saya hari jum'at lalu sampe tuntas, disitu saya sempet nulis klo saya emank gak pengen jelasin secara detail apa query lama dan query baru dalam penghitungan Google PageRank ini, karena menurut saya yang anda butuhkan mungkin cuma alasannya aja dan tentang behind the scene perubahan querynya, saya rasa andai-pun saya tulis pasti komentar yang muncul dipostingan itu cuma, gak mudeng, gak ngerti dan sa bodo teing atau bodo amat, bener gak? nah itu kenapa saya lebih milih untuk gak menjelaskannya hhe...

Nah, pas saya lagi nikmatin Weekend hari sabtu kemaren, ternyata ada sebuah Email yang masuk ke inbox saya dan nanyain tentang perbedaan query search sama query tbr di Update Google PageRank kemaren. Dan pas baca pertanyaan itu, jujur aja saya langsung buka postingan yang saya tulis jum'at kemaren dan nyoba ng'cek lagi apa kemaren saya sempet jelasin yang begituan? dan ternyata emank gak ada haha... jadi, saya bales lagi emailnya, dengan kalimat berikut: bisa lebih spesifik bos? anda baca dari mana? urlnya apa? biar saya cek baca postingan yang anda baca itu dulu, baru saya jawab? dan akhirnya dikasihlah sebuah url direct ke blog berbahasa Indonesia yang klo gak salah dulu yang punya sering mampir ke blog saya, cuma karena kayanya sekarang Traffic ke blognya lebih rame juga dari pada blog serabutan ini, jadi saya udah gak pernah ngeliat namanya ada di kolom komentar blog ini haha... Singkat cerita, postingan tersebut ingin menjelaskan cara baru untuk melakukan pengecekan Google PageRank, yang saya sendiri gak tau dasar atau sumber postingannya itu dari mana, karena ujuk-ujuk yang punya blog langsung nerangin tutorial untuk mengganti Script Toolbar dari SEOquake yang lama ke Script baru yang diberikannya, yang katanya adalah Cara Baru untuk melakukan Pengecekan Google PageRank.

Saya sendiri gak bilang postingan itu salah, karena Url Query baru untuk pengecekan Google PageRank emank berganti dari Search ke tbr, dan klo anda mau ngikutin tutorial itupun monggo aja, karena itu emank bener dan bukan percobaan, Biarpun pas saya cek sendiri barusan, SEOquake dan pihak ke-3 lainnya pun udah mengganti default Url Querynya ke yang baru hhe... jadi tanpa perlu anda rubah-rubahpun sekarang anda udah bisa ngecek Angka Valid untuk PageRank anda kok hhe...

Tapi karena yang ditanyain adalah perbedaannya okeh, saya coba jelasin secara sederhana aja ya hhe... query baru ini sendiri, pertama kali saya tau dari Forum SEO UK/ Inggris, yang disitu coba dijelaskan oleh David Naylor, siapa David Naylor? gampangnya dia adalah orang yang secara khusus bekerja di Industri SEO, dan Link Building, yang pengalamannya dibidang SEO saya rasa udah gak perlu diragukan lagi karena dia udah 10 tahun bekerja di area Industri SEO :)

Di thread tersebut David coba menghimbau para pemilik jasa pengecekan PageRank pihak ke-3 untuk mengganti Url query pengecekan Google PageRank mereka, Contohnya, dari:

http://toolbarqueries.google.com/search?client=navclient-auto&features=Rank&ch=8f3b58e04&q=info:james.slaterspage.com

menjadi:

http://toolbarqueries.google.com/tbr?client=navclient-auto&features=Rank&ch=8f3b58e04&q=info:james.slaterspage.com

Dan biar gampang, kita pake Contoh diatas aja ya hhe...

Perhatikan kata-kata yang saya berikan warna merah, itu doank sebenernya perbedaannya hhe... klo anda pake yang Search, anda gak akan menemukan hasil apapun, dan ada 2 kemungkinan yang akan anda temui klo gak Null (kosong) ya 0, itu kenapa waktu Jum'at kemaren klo anda cek PageRank anda masing-masing pasti yang ketemu klo gak N/A pasti angka 0 hhe... Beda lho ya, N/A sama 0, klo N/A tuh datanya gak ada sama sekali alias Null atau kosong, klo 0 itu udah ada datanya :), perlu bukti? copas aja url query contoh yang pertama dan enter, pasti gak muncul apa-apa selain Blank Page putih :)

Tapi klo anda coba pake yang tbr pasti anda akan menemukan hasil seperti ini: Rank_1:1:4 yang artinya url yang dicek ber-pagerank 4, gak percaya? monggo copas url query contoh yang ke-2 dan enter anda pasti akan nemuin hasil yang sama yaitu Rank_1:1:4. bener gak?

Kenapa bisa begitu? karena url query contoh yang pertama memang sudah tidak digunakan oleh Google, jadi klo pun anda kekeh pengen make query lama itu, ya google gak akan ngasih data apapun terkait Rank, kan dari namanya aja udah query? pasti nyambungnya ke Database donk? hhe... itu kenapa jasa pengecekan Google PageRank pihak ke-3 yang belum merubah url querynya pasti masih akan mendeteksi PageRank anda dengan N/A :)

Kita ke pertanyaan selanjutnya, Lantas apa itu tbr? dari sekian banyak yang nulis tutorial cara baru pengecekan Google PageRank, saya belum dapetin satupun penjelasan tentang tbr ini dari mereka-mereka yang merasa master itu, bahkan walau hanya singkatannya. Jujur, menyedihkan buat saya, ketika anda ingin membagkan ilmu, tapi anda hanya membagikan setengah dari yang anda tau, padahal klo anda membagikan ilmu yang anda tau itu secara utuh pasti anda akan dapet ilmu baru lain yang mungkin bisa dibagikan oleh orang lain yang memahami postingan anda. Bener gak? intinya, ilmu tuh gak bakal abis klo anda bagiin, jadi mending share aja secara utuh dan gak perlu ada yang anda diskon hhe...

TBR itu singkatan dari ToolBarRank. Dan secara Default kira-kira bisa saya asumsikan cara pengecekannya jadi kaya gini klo di php:


<pre>
<?php
#licence: public domain.
//============================Hash Function Start=============================//
function stringToNumber($str,$chk,$mag){$len=strlen($str);
for($i=0;$i<$len;$i++){$chk*=$mag;
if($chk>=4294967296){
$chk=($chk-4294967296*(int)($chk/4294967296));
$chk=($chk<-(4294967296/2))?($chk+4294967296):$chk;}
$chk+=ord($str{$i});}
return$chk;}
function createHash($str){
$chk1=stringToNumber($str,0x1505,0x21);
$chk2=stringToNumber($str,0,0x1003F);
$HfFact=4/2;$chk1>>=$HfFact;
$chk1=(($chk1>>4)&0x3FFFFC0)|($chk1&0x3F);
$chk1=(($chk1>>4)&0x3FFC00)|($chk1&0x3FF);
$chk1=(($chk1>>4)&0x3C000)|($chk1&0x3FFF);
$calc1=(((($chk1&0x3C0)<<4)|($chk1&0x3C))<<$HfFact)|($chk2&0xF0F);
$calc2=(((($chk1&0xFFFFC000)<<4)|($chk1&0x3C00))<<0xA)|($chk2&0xF0F0000);
return($calc1|$calc2);}
function checkHash($HshNum){$chk=0;$Fg=0;
$HshStr=sprintf("%u",$HshNum);
$len=strlen($HshStr);
for($i=$len-1;$i>=0;$i--){$r=$HshStr{$i};
if(1===($Fg%2)){$r+=$r;$r=(int)($r/10)+($r%10);}$chk+=$r;$Fg++;}$chk%=10;
if(0!==$chk){$chk=10-$chk;
if(1===($Fg%2)){
if(1===($chk%2)){
$chk+=9;}$chk>>=1;}}
return"7".$chk.$HshStr;}
//===========================Hash Function End=============================//
//construct query URI

$arr1=array_unique
(file("CK_PR_For_URLS.txt",
FILE_IGNORE_NEW_LINES|FILE_SKIP_EMPTY_LINES));
foreach($arr1 as&$val){
$valX=$val;
$val=checkHash(createHash(($val)));
$val="<a href='http://toolbarqueries.google.com/tbr?client=navclient-auto&ch=".$val."&features=Rank&q=info:".$valX."' target='_blank'>http://toolbarqueries.google.com/tbr?client=navclient-auto&ch=".$val."&features=Rank&q=info:".$valX."</a>";
}
unset($val);
echo "<small><small>";
print_r(implode(PHP_EOL, $arr1));
echo "</small></small>";

?>
</pre>

Nah si CK_PR_For_URLS.txt itu biasanya digenerate ke isi berikut sama para pihak ke-3 penyedia jasa pengecekan Google PageRank:

google.com
www.google.com
http://google.com
http://www.google.com
google.com/
www.google.com/
http://google.com/
http://www.google.com/
example.org
www.example.org
http://example.org
http://www.example.org
example.org/
www.example.org/
http://example.org/
http://www.example.org/
,dst..

Jadi, misal kita cek PageRanknya Google.com, pasti yang ketemu jadi Angka 10 bukan N/A lagi karena, manualnya kan udah berubah dari:

http://toolbarqueries.google.com/search?client=navclient-auto&ch=783326521420&features=Rank&q=info:google.com

Jadi:

http://toolbarqueries.google.com/tbr?client=navclient-auto&ch=783326521420&features=Rank&q=info:google.com

Bingung ya? itu kenapa saya males jelasinnya haha... soalnya udah pake bahasa sederhana kaya gini aja saya yakin masih ada diantara anda yang tetep gak ngeh, dan pasti mikir apa perlunya juga coba postingan kaya gini dibikin haha... bener kan? ngaku aja deh haha... lha wong saya yang nulis aja masih mikir 2 kali kok haha... sumpah, klo gak ada yang nanya, gak bakalan amat saya kerajinan nulis postingan ini, lagian mau Google PageRank blog ini jadi 0 atau N/A pun kayanya saya masih bakal setia nulisin blog serabutan ini kok haha...

Ada diantara anda yang mau nambahin? atau mungkin ada yang mau meralat? monggo saya persilahkan, saya malah seneng klo bisa dapet ilmu baru dari anda hhe... :) tapi ngomong-ngomong karena saya masih ada kerjaan, jadi saya pamit dulu ya hhe... dan kaya biasa kita bersulang dulu... Cheeerrrsss.... (Glek...glek...glek...)...

Buat Sahabat DJ Site Semua, Happy Blogging 'n Have a Nice Day... :)


33 komentar:

Nuel Lubis, Author "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" said...

sepakat bung! saya masih bingung dengan penjelasan anda. :p

Awaluddin Jamal said...

bingung ya ?

banget kang, sumpah saya gak begitu ngerti sama yang ini

http://www.prchecker.info/ <= apakah ini yg dimaksud pihak ke-3 atau bagaimana ? jadi bingung he he

saya senang sama prinsipnya mau Google PageRank blog ini jadi 0 atau N/A pun kayanya saya masih bakal setia nulisin blog serabutan ini kok haha... sepakat !!!

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ NuellubiS : huahahahaha... gue suka kejujuran lu Brow... gak apa2 kok, lagian postingan ini juga dibikin karena ada yg nanya, bukan inisiatif gue yg ujuk-ujuk pengen nulis ini :)

@ Awaluddin Jamal : Yupz, prchecker.info, mypagerank.net dan lain2nya itu termasuk pihak 3 penyedia jasa pengecekan PageRank sob hhe... kan pihak pertama Google dan pihak ke-2 kita . untuk kata2 yg bawahnya lagi, makasih udah sepakat wkwkwkkw...

Catatatan Harian said...

Pantes tiap browsing ke situs2 tampilan di addons ane skrg N/A mulu tuk semuat situs :o

narti said...

jadi kalau kita memasang widget dari pihak ketiga, kita biarkan saja scriptnya, gitu?
terus nanti kalau mereka sudah merubah scriptnya, terus widget akan bekerja normal lagi, begitukah?
atau paling tidak, kita perlu mengganti script lama dgn script baru, begitukah?

mungkin kang Fer udah menemukan pihak ketiga yg menyediakan script terbaru untuk dipasang di blog? ketampil PR 0 terus nih, hihi...

rada ngerti sih Kang, cuma ya mesti pelan2 bacanya untuk bisa memahami apa yg Kang Fer sampaikan. hihi bahasanya....

matur nuwun
met kerja :)

sda said...

ku sabar menanti update berita2 terbaru disini :)

al kahfi said...

hmm PR saya sedari dulu cuma dapet 1 doank saja,,heran gak nambah2,,padahal alexa bergerak terus hari ke hari

saryadi nilan said...

Pr alexa dari jaman baheula cuma 1 gak pernah naik-naik mas,love,peace and gaul.

Munir ardi said...

semoga kembali deh seperti biasanya tapi jika tak kembali juga tak apa yang penting di SERP bagus xi xi

Adit Mahameru said...

yg kupuja selama ini baca artikel mu sob, ente tu pinter tapi bersahaja...kan banyak yg pinter tapi keminter..jadinya ya bodo..hehehhehe..salut buat elu sob..ya itulah wong Jowo, wong Solo dekat Jogja yang tetap istimewa...:D...tapi..aku masih bingung...xiixixxiixx

Sukadi said...

kalau dipikir-pikir malah bikin bingung, Kang.. mending nggak usah diurusi, ngikut saja, berapapun PR-nya toh masih tetep ngeblog hehe..

terimakasih Kang untuk penjelasannya :)

makmalf said...

bener-bener, sama sekali ga ngerti. Abstrak banget. :D

soal postingan yang yang ada didashboard tapi malah ilang itu, saya sengaja apus dulu, soalnya itu salah klik, mau save to draft malah publish. :D

Amy said...

nice info #soalnyagakngerti #plaaaaak

Mulyani Adini said...

Terus terang saya juga gak mengerti, ngert dikit itu juga gak bisa di jelasin dan di bagi2.

Padahal pengen juga nanyak2 PR itu apa atau yg lainnya , tapi kayaknya belum waktunya..soalnya ngeblog masih asal suka2 yg penting tidak suka2.

Tos dulu kalau gitu dgn saya Teh Manis di pagi hari dan 2 potong bolu pisang. hmmmm

persebaya surabaya said...

kok waktu aku ganti jadi konget.net malah forbiden 403 ya cak?

alkatro said...

idem, ane gak mudeng apalagi waktu beberapa hari yang lalu tiba-tiba toolbar cekpr firefox pada puyeng wkwkwk
query gugelnya beda url, beda chanel yo pak
wah barangkali besok pagerank ku jadi 11 agagaggaga. kabuurr

simple tips said...

@atas ane:
query 'ch' itu singkatan dari cheksum bukan chanel; kayak chanel tipi aja -ngomong dewe disauri dewe-wkwkwk
ngitung maual ceksumnya gimana ya pak?
apapun yang terjadi yang pasti liburan aku gak kemana mana he he, wislah dah sore
mandi dulu.. byuurr

iffa hoet said...

hehe...kok masih bingung palagi liat coding-coding tuh.

btw, TOP!!!
setuju kalo ilmu takkan pernah habis terbagi, terus berbagi ya sob dan kasih info-info yang gress :)

hajarabis said...

join to hajarabis

fb said...

sob kok pas aku buka blog ini keluar box ada tulisan

A username and password are being requested by http://www.liverank.

ReBorn said...

gue termasuk yang bodo amat untuk membaca yang seperti ini. buehehehe piss ah.. :p ga mudeng abisnya.... :)

Eka_Rahmadhy said...

Numpang lewat aja deh, Om Dj. Mau komen ngak ngerti mau komentar apa. Full Bingung hbs baca tulisan Om Dj kali ini saya. HeHeHe. Yg penting tetep hadir d blog hebat ini. Slamat Malam.

Asis Sugianto said...

wah.. saya malah herana mas ferd..
saya ga ngeblog selama 5 bulan malah dapat PR 2.. wkwkw
alhamdulillah
apa kabar mas ferd???

Shudai Ajlani said...

Saya nggak mudeng fer B)

munir ardi said...

kangen pingin lihat blog ini semoga kesibukannya lancar sob

Anonymous said...

jarang ngecek PR euy....

tiwi said...

asswrwb... yuhuu Ferdinand... p kbr nih?? lama ga silaturahim kesini ^_^, eh alamat angkringan kamu yg dulu mana sih Fer? dakyu cari2 lho..tnx ya..mg2 selalu dlm lindunganNYA..Amin.

Zippy said...

Waduw...ribet mah kalo ngomongin query.
Gak mudeng gue, ahahaha...
Asal pake aja sih, cek google PR ya udah beres, ahahaha... :))
Btw, sorry bro lama gak mampir :D

saka hero said...

baru pertama kali blog2 saya sederajat dengan google eh ternyata logikanya dirubah :)

Yusnita Febri said...

sayah bingung..
tapi setidaknya ngeh lah bimana si google Pagerank bekerja..

eh emang penting yaa PR blog..

Unknown said...

Berat ni gan, apa maksud agan pihak ketiga disini adalah pihak yang salah satunya nyediain widget tuk nampilin PR ? Kalau memang benar, berarti kita juga harus ubah script widgetnya dong, itu pun jikalai pihak ketiga tersebut sudah melakukan perubahan discript internal mereka ?

bredmart said...

Sudah bertahun tahun tapi pagerank bredmart masih 1 kenapa ya

Anonymous said...

Mengapa ya pagerank bredmart masih 1

DJ Site - Since 2009 Until Now

Creative Commons License
Blog Content by Ferdinand is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://dj-site.blogspot.co.id/.

Themes by blogcrowds. Design With ❤ for Blogger Serabutan