Tuesday, December 10, 2013

Developing iOS Apps?


Biarpun disatu sisi saya masih sangat enjoy dan nikmatin pekerjaan saya, disisi lain kerja diluar background akademik kadang ngebuat saya kangen untuk mulai ngoding lagi, ya minimal buat sekedar iseng klo lagi nggak ada kerjaan lah hhe...  

Cuma, ada jeleknya sih... soalnya zaman saya kuliah, emang nggak ada satu pun mata kuliah Mobile Programming yang saya pelajarin haha, boro-boro bikin aplikasi smartphone, mentok-mentok juga bikin SMS Gateway itupun bikinnya lama bangettttt haha...  

Cuma beruntungnya, melajarin Matematika ampe ngelotok + tau basic programming ngebuat saya nggak gitu susah beradaptasi sama perkembangan teknologi, khususnya untuk ngedevelop aplikasi mobile, karena bahasa pemrograman yang dipake rata-rata masih sekitaran "Java", Contohnya untuk kelas smartphone java masih jadi bahsa pemrograman utama untuk ngebuat aplikasi Android dan BlackBerry, wong editornya aja masih sama-sama Eclipse kok yang dipake, cuma BlackBerry selangkah ketinggalan aja hhe... 

Cuma saking terlalu mainstreamnya Android sama BlackBerry, dan luar biasa banyaknya user dan developer 2 OS platform itu, saya justru bingung mau iseng ngebuat apaan hahaha... lha iya tah, wong dari aplikasi ribet sampe simple udah ada semua kok, buat apa saya bikin aplikasi yang sama, apalagi biasanya mereka kerja team kan khususnya klo mereka ngepublish aplikasi berbayar, dibanding saya yang cuma iseng ya pasti cepetan mereka lah ngasih update aplikasinya haha...

Dan setelah berguru ke mbah google, akhirnya saya justru agak mulai tertarik untuk ngedevelop iOS apps, apalagi kali ini saya tau apa yang mau saya buat, karena kebetulan kakak saya ngeminta saya ngebikinin aplikasi itung-itungan untuk kerjaannya sebagai drafter yang rumus atau formulanya udah dia bikinin. Makin semangat dong hha... apalagi untuk tester baik saya maupun kakak saya emang sama-sama make iDevice.

Cuma yang jadi masalah, saya baru tau klo ternyata yang paling dibutuhin untuk ngedelop iOS apps adalah Mac OS, dan setelah saya browsing-browsing lagi, editornya pun memang hanya tersedia untuk Mac, so untuk ngedevelop aplikasinya pun ternyata emang bener-bener eksklusif haha... 

Emang nggak ada kang emulator windowsnya? sayangnya adanya cuma simulator bukan emulator... bisa sih make Macincloud, cuma yang jadi masalah itu software berbayar, dan saya agak kurang suka aja make software berbayar untuk development hhe.. 

Dan biarpun dikantor saya make Mac untuk urusan kerjaan (iya klo pake windows mah ngerender nggak kelar-kelar), cuma sebagai bawahan ya nggak patut aja lah dijam kerja saya malah iseng ngalor ngidul nggak jelas haha... 

So, untuk sementara kayanya saya mesti bersabar nunggu ada Mac nganggur yang bisa saya pake, syukur-syukur kalo ada yang mau ngasih, atau syukur-syukur lagi klo ada yang mau ngebikinin Editor + emulatornya untuk windows hahaha... #ngarep mode on


9 komentar:

Penghuni 60 said...

ngarepnya sih gratisan ya sob, hahaha... :D

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ Penghuni 60 : Iya nih, abis kemahalan klo mesti beli sendiri haha...

Nyayu Amibae said...

yuhuuuu sahabat ku DJ Nand,,,, pa kbr???? lama tak jumpaa,,,wkwkwkwk

wedewwww bahasannya bikin aku garuk2 kepala,, sdh aku pelototin lcd lepi ku tetap ga ngerti jee,,,wkwkwkwk

yg pasti tetap semangat saja ya,,, akhir tahun nih,, resolusinya berharap dapet mac gratisan toh biar bisa diobrak-abrik? :D

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ Nyayu Amibae: Amiiiiiii.... *peluk #digampar

Nggak usah dipaksain sis klo nggak ngerti namanya juga cuma curhatan nggak jelas buat ngeluarin unek unek hhe

Resolusi pertam sih, moga-moga sembuh total dari penyakit lambung, klo mac resolusi kesekian haha...

Anonymous said...

wah. beli mac aja mas. kan lumayan buat mejeng. kan biasanya mac itu identik dgan barang mewah. ssaya aja pengen punya mac. setelah itu kan enak buat applikasi mac yg mas pengen buat. hehehe

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ Labbay Modjo Lelo Idjas : Nggak ah, sayang uangnya mending tunggu yg gratisan aja, toh bisa install macos virtual di laptop biasa hhe...

BangAji said...

Bisa pake Hackintosh gan... kalo boleh silahkan di share spek lappie or pc-nya... nati agan bisa bikin dual boot di pc-nya..

BangAji said...

Bisa pake hackintosh gan, kalo boleh silahkan share spek pc-nya ntar ane kasih saran install pake apa? kalo mau aja sih..heeeehehehe sekedar ingin bantu.. ka bisa buat dualboot to...

DJ Site | Blogger Serabutan said...

@ OrbitFx : Saya juga udah tau klo itu, pake vmware juga bisa nginstall mac, cuma sayang space hardisknya klo di dual boot hhe... jd mending tunggu punya Mac beneran aja :)

DJ Site - Since 2009 Until Now

Creative Commons License
Blog Content by Ferdinand is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://dj-site.blogspot.co.id/.

Themes by blogcrowds. Design With ❤ for Blogger Serabutan